Selasa, 28 Desember 2010

0
Tips Kecantikan Tradisional

Salah satu cara mengembalikan kesegaran wajah adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Masker dapat mengembalikan kelembapan dan kehalusan kulit. Memberi masker pada wajah sama dengan merilekskan otot-otot wajah.

 

Selain masker, agar tampil cantik, Anda bisa melakukan beberapa tips kecantikan tradisional berikut ini.

1. Stroberi

Kulit yang sudah telanjur kendur dapat kembali dikencangkan menggunakan stroberi. Mengonsumsi buah stroberi diyakini dapat mengembalikan kulit kendur menjadi kencang. Khasiat tersebut diperoleh dari kandungan ellagic acid dalam buah stroberi. Ellagic acid merupakan antioksidan yang dapat menguatkan serat elastik di dalam kulit.

2. Asam Jawa dan Ketan Putih

Jika Anda ingin mempunyai kulit halus dan mulus secara alami, lakukanlah cara-cara berikut.

  • Ambil 15 biji asam jawa dan senggenggam ketan putih.
  • Sangrai keduanya sampai berwarna kecoklatan.
  • Tumbuk sampai halus.
  • Tambahkan air dan pakailah untuk luluran pagi dan sore.

Jika rajin melakukannya, niscaya kulit halus dan mulus menjadi milik Anda.

3. Vitamin C

Bila Anda memiliki jenis kulit kering atau rentan menjadi kering, sebaiknya mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C. Sayur-sayuran hijau dan buah-buahan segar, seperti jeruk, lemon, atau grapefruit dapat menjadi pilihan alternatif dalam memenuhi asupan vitamin C.

4. Pepaya

Selain berguna bagi kesehatan, pepaya berkhasiat menjaga kecantikan. Caranya:

  • ambil setengah buah pepaya dan haluskan,
  • oleskan pada wajah dan biarkan selama sepuluh menit,
  • bersihkan dengan air.

Masker buah pepaya dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

5. Vitamin A

Kulit bersisik diakibatkan kekurangan vitamin A. Wortel, brokoli, telur, dan susu merupakan sumber vitamin A yang dapat mencegah terjadinya kulit bersisik. Namun, Anda perlu berhati-hati karena kelebihan vitamin A dapat membuat mata menjadi berkantung. Cara lain dapat dilakukan dengan menggunakan body lotion.

6. Pisang, Havermut, dan Madu

Ramuan ini berkhasiat untuk melembapkan kulit dan rambut. Caranya:

  • siapkan pisang, havermut, dan madu,
  • haluskan pisang,
  • tambahkan dengan havermut atau madu,
  • gunakan campuran tersebut sebagai masker,
  • oleskan pada wajah, leher, dan rambut.

7. Kerang, Biji Bunga Matahari, dan Sarden

Kerang-kerangan, biji bunga matahari, dan sarden yang mengandung asam lemak esensial ini dipercaya mampu menjaga pembentukan sel-sel kulit secara optimal dan membantu mempertahankan integritas kulit. Jadi, mengonsumsi makanan tersebut secara tidak langsung dapat berkhasiat menjaga kulit agar tampak lebih muda.

8. Susu Almond

Pernah mendengar susu almond?
Susu almond memang jarang dikenal orang. Susu almond hanya dijual di supermarket terkemuka atau di toko makanan kesehatan. Susu almond dipercaya mampu membuat kulit menjadi tampak bersinar. Kandungan dan kualitas protein yang terdapat dalam susu almond dipercaya mampu membuat rambut jadi mengkilap.

9. Madu

Ambil sebotol madu lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah dan leher secukupnya. Biarkan selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air suam-suam kuku. Selain itu, madu dapat dicampurkan dengan bahan alami lainnya untuk digunakan sebagai masker.

10. Jus Jeruk

Menurut sebuah studi di Amerika, vitamin C yang terkandung dalam jus jeruk dapat membantu mencegah timbulnya kerut. Hasil penelitian menunjukan bahwa wanita yang mengonsumsi vitamin C lebih tinggi memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengembangkan kerut di saat memasuki usia lanjut.


http://www.anneahira.com/tips-kecantikan-tradisional.htm