Selasa, 28 Desember 2010

0
Tips Mengatasi Wajah Berminyak

Wajah Anda berminyak? Pasti Anda dijuluki minyak berjalan oleh teman-teman Anda. Atau lebih parahnya lagi, teman-teman Anda akan berceloteh kalau Anda adalah anak direktur Pertamina. Jangan biarkan rasa sakit hati Anda semakin meningkat. Anda harus mencegahnya mulai saat ini.

 

Sebelumnya, apa sih penyebab wajah berminyak? Berikut uraiannya :

  1. Keturunan dari keluarga Anda. Ada mengikuti gen dari pihak mana? Ayah atau ibukah, dan perhatikan kulit wajah keduanya.
  2. Pola makan Anda. Minyak bisa disebabkan karena, banyak gula, atau garam yang berlebih pada tubuh. Untuk itulah mengapa pada makanan jangan dibuat terlalu asin atau terlalu manis. Makanan yang terlalu berlebih juga tidak baik untuk kesehatan.
  3. Hormon berlebih pada tubuh, hormon akan meningkat pada remaja yang sedang puber. Oleh sebab itu, mengapa banyak remaja yang mempunyai masalah pada kulit wajahnya.

Kulit berminyak memang sangat membuat penampilan menjadi tidak sedap dipandang mata, karena kulit berminyak nampak sekali dari jauh. Kulit berminyak adalah penyebab utama timbulnya jerawat, karena minyak yang ada di permukaan wajah menutup pori-pori di kulit, padahal kulit wajah harusnya dapat bernafas dengan baik agar tidak menimbulkan jerawat.

Anda pasti akan mencari sejuta solusi untuk menghindari wajah berminyak. Tak perlu langkah rumit, cukup membaca tips di bawah ini, mudah-mudahan minyak berlebih di wajah Anda dapat berkurang.

  1. Jangan pernah makan makanan yang berlemak atau yang digoreng. Bukan tidak boleh sama sekali, tetapi cukup dikurangi saja kadarnya. Karna bagaimana pun juga makanan berlemak pun penting untuk tubuh, misalnya telur. Ganti makanan berlemak menjadi makanan kaya serat, sayur misalnya.
  2. Jangan memakai pelembab wajah yang mengandung minyak, pakailah pelembab wajah yang berbahan dasar air. Karena pada umumnya pelembab yang berbahan dasar minyak, dapat membuat kulit cepat kotor dan dapat membuat komedo lebih cepat tumbuh.
  3. Pakai bedak bayi untuk perawatan awal. Memakai bedak padat dapat membuat kulit wajah menjadi berat. Dan wajah akan semakin berminyak.
  4. Cuci muka seminggu 2x dengan air hangat, air hangat dapat membuat kulit wajah menjadi kering. Jangan terlalu sering, nanti wajah Anda akan menjadi keriput.
  5. Jangan memakai sabun yang mempunyai alkohol berlebih. Pilihlah yang mempunyai bahan dasar alami.
  6. Rajin berolahraga dan minum air putih. Air dapat mengikat minyak dalam tubuh. Selain itu madu juga dipercaya dapat menetralisir lemak dan menjaga metabolisme dalam tubuh.
  7. Jangan stress dan istirahat secukupnya.

Walaupun minyak yang terdapat dalam wajah Anda tidak dapat hilang sutuhnya, tidak ada salahnya terus melakukan terapi di atas, agar kadar minyak di wajah Anda dapat berkurang sedikit demi sedikit. Selamat mencoba!


http://www.anneahira.com/penyebab-wajah-berminyak.htm